Gagal Itu Indah

Semangat_of_sige_by_pupus_duasatu

Beberapa hari yang lalu seorang sahabat mengirimkan pesan singkat yang isinya kurang lebih sebagai berikut:

“Jika kita selalu mendapatkan apa yang diinginkan, bukankah kita tidak akan pernah belajar?”

Sebuah pesan yang benar-benar singkat, tetapi cukup untuk membuat aku terdiam beberapa saat. Aku tidak tahu apa maksudnya mengirimkan pesan itu, namun saya merasa sangat tertohok.

Sering sekali aku mengalami apa yang sahabat saya katakan. Selama ini, kebanyakan hal yang aku lakukan tidak pernah membanggakan, dan selama itu pula saya meratapi nasib saya yang selalu gagal. Begitu banyak penyesalan disertai kalimat-kalimat umpatan yang tidak seharusnya keluar dari mulut. Mengapa saya terlahir dengan bakat pas-pasan? Mengapa hal-hal yang saya inginkan seperti menjauh dari jangkauan? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul menemani setiap lamunan saya.

Saya tersadar. Jika Allah memberi semua yang saya inginkan, dari mana saya belajar untuk bangkit, berdiri kembali, ketika jatuh? Jika dia mengabulkan semua permintaan saya, dari mana saya belajar untuk bersabar ketika gagal? Jika apa yang saya mau selalu tercapai, apakah saya akan selalu berdoa dan memohon pertolongan-pertolongan dari Yang Maha Kuasa?

Allah memang Maha Merencakan. Dia sengaja menolak, atau lebih tepatnya menunda, keinginan kita yang tidak terbatas. Dia ingin melihat seberapa besar tekad dan perjuangan kita sebelum menuruti kemauan-kemauan kita.Dia menyediakan sarana pada kita untuk selalu berkembang. Dan yang terpenting, Dia memberi kita waktu untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

Oleh karena itu, tidak perlu risau ketika kita menemui jalan buntu dalam mencapai tujuan. Masih banyak jalan yang lebih mudah selama kita berusaha mencarinya. Kalaupun gagal, itu berarti kita diberi kesempatan untuk memperbaiki diri agar lebih baik dari sekarang.

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

  • Gravatar

    Mahasiswa Fikom Unisba | Public Relations | Muda Beda Dan Berbahaya | Pride to be Hardcore | Addicted To Skatepunkers | Hala Madrid !!!

  • Twitter

    • Kalo memang begitu, aku sadar dan paham atas semua yg terjadi dengan keadaan ini...#patahsemangat 4 weeks ago
    • Bukankah Merelakan itu membiarkan segala sesuatunya berjalan seperti biasa. Entah perlahan menjauh, atau sewaktu-waktu kembali datang.. 1 month ago
    • Ingat saja hari ini, ketika rasa sakit, menuntut kaki ini untuk melangkah menjauh meninggalkan zona nyaman yang sudah sekian lama menetap.. 1 month ago
    • Entahlah hari ini semua tanpa mengecewakan.. 1 month ago
    • Banting tulang.. 2 months ago