Moshing ( Underground Dance )

Beberapa hari yang lalu, gue diajak temen gue yang kebetulan kampusnya sedang mengadakan konser music. Cukup banyak band-band indie bandung yang sudah terkenal dan mempunyai massa banyak mengisi acara tersebut. Ahh Lumayan hiburan gratis bagi gue. Bertempat di aula kampus tersebut acara pun dimulai, awalnya acara berjalan biasa saja terkesan monoton karena band-band yang pertama tampil adalah band-band yang belum mempunyai nama. Dan akhirnya masuk pada acara utama. Band-band yang ditunggu pun akan segera tampil. Seperti Billfold, Rosemary, Under 18, Outright, Darkterror dll

 

Saat band yang ditunggu pun tampil. Penonton yang tadinya diam saja di sisi-sisi panggung mulai merapat kedepan panggung. Begitu music dimulai, tanpa ada yang mengkomandoi tau member aba-aba mereka segera bergoyang tanpa arah. Ada yang meloncat dari atas panggung, membuat lingkaran, dll. Gue pun begitu asik melihatnya. Seakan mereka mempunyai dunia sendiri dengan bergoyang seperti itu..

 

Yah itulah yang namanya Moshing, Pogo, Mostphit, atau apalah penyebutannya. Selidik punya selidik kalo moshing itu mempunyai penamaan dan gerakan yang berbeda-beda. Gue pengen berbagi apa saja nama dan gerakan moshing tersebut..

 

 

Apa sih Moshing itu.?

 

Menurut gue Moshing adalah sebutan untuk tarian yang biasa dilihat di sebuah acara musik keras. Sebuah gerakan tak beraturan namun menyenangkan. mereka para penikmat musik keras atau musik-musik Underground mengekspresikan musik tersebut dengan sebuah tarian reflek seperti Body Slamming, Headbanging, dan Crowdsurfing yang dilakukan secara agresif. Yah begitulah cara mereka mengekspresikannya. mungkin karna musik underground memang musik yang memacu adrenalin

 

Moshing yang juga biasa disebut dengan Slam Dancing yang sempat booming pada tahun 1970an, dimana musik Punk masih memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan tidak dapat tergeserkan oleh apa pun pada saat itu. Selain itu hardcore punk menyebut tarian ini dengan sebutan Pogo. Pada saat ini. istilah Moshing juga mulai melebar lagi hingga meliputi tarian Skanking dan Trash.

 

Berikut ini sedikit penjelasan tentang macam-macam Moshing :

 

  • POGO DANCE

 Image

Pogo merupakan gerakan melompat ke atas dan ke bawah, sambil tetap di lokasi yang sama. Pogo dance sering dilakukan oleh pemain dan penonton pada pertunjukan punk rock. Pogo Mob adalah sebuta untuk sekelompok orang yang melakukan pogo dance pada gigs punk. Ini adalah cikal bakal dari “mosh pit”.

  • STAGE DIVING

 Image

Stage diving adalah melompat dari panggung ke kerumunan crowd. Jika crowd padat biasanya orang yang melakukan stage diving akan tertahan oleh orang yang dibawahnya dan melakukan CROWD SURFING (bergerak diatas dari orang ke orang). Walaupun terlihat konfrontatif dan Ekstrim, stage diving sering dilakukan di setiap acara hardcore punk.

  • HEADBANGING

 Image

Gerakan menghentakkan kepala keatas dan kebawah yang mengikuti tempo dan ritme musik. Biasanya headbanging dilakukan pada musik rock dan heavy metal.

  • SKANKING DANCE

 Image

Skanking terdiri dari gerakan kaki mengikuti irama musik dengan posisi badan membungkuk sambil mengayunkan siku kiri dan kanan. Skanking sering dipraktekkan dalam musik Ska, Ska Punk, Hardcore Punk, Reggae, Grime, Dub, Dubstep dan musik lainnya.

  • CIRCLE PIT

Image 

Crowd yang bergerak berlarian membentuk lingkaran biasanya berlawanan arah jarum jam. Dapat juga dilakukan dengan gerakan Skank dance. Circle pit dimulai oleh beberapa orang sebagai tanggapan terhadap kecepatan musik dan irama. Gerakan ini konon di ambil dari semangat ritual suku indian dikala memanggil hujan.

  • WALL OF DEATH

 Image

Sebelum musik dimulai crowd terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kanan dan kiri dengan batas jarak beberapa meter yang dikosongkan. Dan begitu musik mulai dimainkan, crowd yang terpisah akan langsung berlari dengan kecepatan yang tinggi ke tengah-tengah dan saling menyatu dengan crowd yang lainnya. Gerakan ini di artikan tentang simulasi bentrok antara demonstran dan aparat keamanan yang saling menyerang di tengah aksi demonstrasi.

 

Dan ada juga gaya-gaya di bawah ini yang sering kita liat pada musik yang beraliran hardcore, seperti :

  • 2-Step

Yaitu gerakan menggerakan kaki kebelakang-kedepan secara menyilang dan mengayunkan tangan seirama dengan musik, seperti skanking dance.

  • BACKWARD KICKS / SPIN KICKS

Gerakan menendang sambil berputar gerakan ini pun di kenal juga dengan sebutan KUNGFU DANCE.

  • PICKING UP CHANGE

membungkukan badan dan gerakan tangan seperti mencabut rumput.

  • PUNCHING THE MIDGET

Membungkukan badan seperti picking up change, namun gerakan tangannya seperti memukul kebawah secara bergantian

  • WINDMILL

Mengayunkan kedua tangan secara bergantian kearah belakang.

  • AIR PUNCHS dan POINTING FINGER

Mengepalkan tangan keatas seperti memukul dan menunjuk biasanya pada saat sing a long.

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Gravatar

    Mahasiswa Fikom Unisba | Public Relations | Muda Beda Dan Berbahaya | Pride to be Hardcore | Addicted To Skatepunkers | Hala Madrid !!!

  • Twitter

    • Kalo memang begitu, aku sadar dan paham atas semua yg terjadi dengan keadaan ini...#patahsemangat 4 weeks ago
    • Bukankah Merelakan itu membiarkan segala sesuatunya berjalan seperti biasa. Entah perlahan menjauh, atau sewaktu-waktu kembali datang.. 1 month ago
    • Ingat saja hari ini, ketika rasa sakit, menuntut kaki ini untuk melangkah menjauh meninggalkan zona nyaman yang sudah sekian lama menetap.. 1 month ago
    • Entahlah hari ini semua tanpa mengecewakan.. 1 month ago
    • Banting tulang.. 2 months ago